Daftarkan Blog Anda di Blogcatalog

Jumat, 04 Juni 2010

Apa itu Blogcatalog? Blogcatalog.com adalah situs jejaring sosial seperti Facebook dan Friendster, namun dikhususkan bagi para Blogger. Karena itu semua Anggotanya adalah para Blogger. Jika situs jejaring sosial seperti facebook lebih menonjolkan profil pribadi kita, maka di Situs jejaring sosial khusus Blogger ini lebih menonjolkan profil Blog kita, disamping kita bisa menambahkan profil kita juga tentunya.

Memangnya apa kelebihan dan manfaat Blogcatalog? Mungkin akan saya terangkan secara rinci:

1. Karena khusus Blogger, maka yang menjadi anggota semuanya adalah Blogger.


2. Mempunyai fasilitas forum diskusi yang ramai dan berbobot. Anda bisa mendapat backlink dari forum diskusinya jika menempatkan link Blog Anda disana..
3. Sebagai media promosi dan menambah traffic Blog dengan aktif di forum diskusinya.
4. Sarana diskusi dan bertanya kepada Blogger yang lebih senior mengenai Blogging atau tema lainnya yang sesuai dengan Blog Anda
5. Sarana untuk membangun relasi dengan Blogger lain
6. Membangun citra Anda dan Blog Anda.
7. Dan banyak manfaat lainnya yang bisa Anda temukan sendiri

Di awal-awal perjalanan Blogging saya, traffic yang saya dapat sangat sedikit, lebih sedikit dibanding Blog saya yang sekarang ini. Itu karena saya belum tahu cara membangun traffic dan sebagian besar traffic yang datang berasal dari Blogcatalog. Untuk itu, mendaftar ke Blogcatalog sangat menguntungkan.

Jika Anda ingin mendaftar, silahkan kunjungi situsnya di Blogcatalog.com. Langkah-langkah mendaftar dan cara menambahkan Blognya tidak perlu saya terangkan, karena nantinya Anda akan mengerti sendiri, karena secara langsung Blogcatalog akan memandu Anda.

Hanya saja, saat Anda sudah membuat akun Blogcatalog dan menambahkan Blog Anda, segeralah bergabung dengan Grup-grup yang ada di Blogcatalog agar Anda bisa bergabung di forum diskusinya. Ada banyak Grup dengan berbagai macam tema di Blogcatalog, namun salah satu Grup yang saya anjurkan kepada Anda untuk bergabung adalah grup Blogger Indonesia. Karena Grup ini mempunyai jumlah member yang banyak dan forum diskusi yang ramai.

Anda bisa mencari Grup Blogger Indonesia dan grup lainnya melalui fasilitas “Group search” yang terletak di sidebar kanan Blogcatalog. Jangan sampai salah! Ada 2 grup yang bernama Blogger Indonesia di Blogcatalog, pilih yang anggotanya paling banyak. Atau klik DISINI untuk langsung menuju Grup tersebut agar Anda tidak tersesat. Setelah itu, klik “join group” dan Anda pun akan segera tergabung di Grup Blogger Indonesia.

Jika Anda ingin membuka forum diskusi baru, klik “start a new discussion”.
Jika Anda ingin menanggapi topik yang sedang dibahas, klik pada judul diskusinya dan isikan pendapat Anda pada kotak ‘Comment” dibagian bawahnya.

Untuk fasilitas-fasilitas lainnya, Anda bisa pelajari sendiri di blogcatalog. Saya jamin Anda tidak akan menemukan kesulitan. Namun jika masih ada pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kotak comment di bawah. Teruslah aktif di forum diskusi Blogcatalog agar Blog Anda bisa terus memperoleh traffic dari Blogcatalog.

Sebenarnya, ada layanan lain yang serupa dengan blogcatalog, yaituMyBlogLog.com. Layanan ini milik Yahoo, jadi Anda harus punya akun yahoo terlebih dahulu agar bisa mendaftar. Saya sendiri sudah mendaftar di kedua layanan tersebut, namun saat ini hanya Blogcatalog sajalah yang saya gunakan, karena lebih baik dan efektif.

Share

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Site Info & Badges