Kekauatn laur baisa dari piikarn mansuia

Sabtu, 15 Januari 2011


Tes Kecerdasan dari Cambridge University
Inilah isi dari artikel : 
The phaonmneal pweor of the hmuan mnid
The phaonmneal pweor of the hmuan mnid — aoccdrnig to a rscheearch at Cmabrigde Uinervtisy, it deosn’t mttaer in waht oredr the ltteers in a wrod are, the olny iprmoatnt tihng is taht the frist and lsat ltteer be in the rghit pclae. The rset can be a taotl mses and you can sitll raed it wouthit a porbelm. Tihs is bcuseae the huamn mnid deos not raed ervey lteter by istlef, but the wrod as a wlohe. Amzanig huh?
Kekuatan luar biasa dari pikiran manusia.
Menurut sebuah penelitian di Cambridge University, urutan huruf-huruf di dalam sebuah kata tidaklah menjadi masalah, yang penting huruf pertama dan terakhirnya benar. Sisanya dapat dibuat berantakan (diacak), dan anda tetap bisa membacanya tanpa masalah.
Ini karena pikiran manusia dengan sendirinya tidak membaca setiap huruf, tapi membaca kata secara keseluruhan. Hebat kan?
Banyak orang mengatakan bahwa spell-check (memeriksa ejaan) itu sangat penting, tapi Cambridge mengatakan bahwa kita sungguh tidak membutuhkannya.
Saya jadi tertarik untuk membuat program spell checker yang sesuai dengan riset di atas, sebut saja namanya NSR. Cobalah anda baca tulisan berikut ini:
Kekauatn laur baisa dari piikarn mansuia.
Menruut sbeauh peenilitan di cabmirdge uinevristy, urtuan hrufu-hruuf di daalm sbeauh kata tdiakalh mejnadi maasalh, yang penitng hruuf peratma dan tearhkinrya sama. Siasnya daapt dbiaut bearnatakn (daiack), dan adna teatp bisa mebmaacnya tanpa maasalh.
Ini kaerna piikarn mansuia degnan sedniirnya tdiak mebmaca seitap hruuf, tapi mebmaca kata sceara keeslruhuan. Hbeat kan?
No Spelling Rules
Jika anda ingin mengubah tulisan anda menjadi EYB (
Ejaan Yang Berantakan) seperti di atas, silahkan gunakan NSR (No Spelling Rules) ini untuk meng-convertnya. Kunjungi http://nsr.sanjiscripts.com
Copy-paste atau masukkan teks yang anda inginkan, lalu klik Convert.
Sealamt mecnboa,
Sanji
Web Programmer
http://nsr.sanjiscripts.com

Share

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Site Info & Badges