Tips-tips menghindari pembajakan di facebook

Minggu, 12 September 2010

Facebook di bajak atau diblokir jangan di bikin pusing, jika tidak mau repot tinggal bikin account baru atau coba mengerti rule-rule yang telah dibuat oleh management facebook itu sendiri. Artikel kali ini ingin mencoba mengupas trik-trik untuk menghindari atau mengatasi pembajakan dan pemblokiran account kita secara sepihak.

Jika anda menjumpai account facebook anda tidak bisa dibuka jangan panik dulu. Anda bisa melayangkan protes anda ke disable@facebook.com dan tunggu sampai beberapa hari, kemungkinan besar pihak facebook akan kembali mengaktifkan account anda. Tapi, jika sudah menunggu kira-kira seminggu dan account anda juga belum aktif kembali kemungkinan besar anda telah melakukan kesalahan fatal. Bisa saja kesalahan itu sudah berulang berkali-kali tanpa anda sadari. Untuk kejadian seperti ini disarankan untuk membuat account baru dan mencoba mentaati rule yang dibuat pihak facebook.

Disamping bila kita mendapatkan "warning" pada account kita, disarankan untuk tidak membuka facebook selama 1 minggu. Tunggu saja sampai "warning" tersebut hilang dengan sendirinya. Kejadian ini bisa di akibatkan karena anda terlalu banyak meng-add teman atau memposting ke wall yang berlebihan.

Berikut ini adalah alasan mengapa account kita bermasalah:
  1. Menggunakan nama palsu.
    Kebiasaan jelek orang indonesia dalam berinternet adalah tidak memasukkan data sesuai dengan namanya. Jika pihak facebook mengetahui hal ini maka otomatis account anda tidak dapat digunakan kembali.
  2. Terlalu banyak join ke group
    Lihat-lihat dulu sebelum join ke suatu grup. Jika anda tidak aktif pada grup tersebut, lebih baik anda mengundurkan diri.
  3. Terlalu banyak mengirim message atau posting wall
    Biasanya orang-orang seperti ini sudah dianggap spam oleh pihak facebook. Usahakan mulai memelihara account anda dengan mendelete posting wall atau inbox message yang sudah tidak berguna.
  4. Kebanyakan teman
    Untuk anda ketahui, list teman di facebook kita usahakan jangan melebihi 2000. Lebih dari itu meningkatkan resiko yang buruk pada account kita.
  5. Menggunakan identitas palsu.
    Jangan ngaku-ngaku lulusan oxford university kalo bahasa inggris aja masih kembang kempis. Bisa-bisa jika ketauan pihak facebook ini bisa jadi masalah.
  6. Kamu poke terlalu banyak orang.
    Salah satu fitur di Facebook adalah poke yang berfungsi untuk menarik perhatian dengan notification khusus (tanpa harus mengirim message). Hampir semua orang, baik yang merupakan teman atau ga bisa kita poke. Tapi jangan sampai kita poke ke terlalu banyak orang, apalagi kalau ga dikenal cuma karena iseng-iseng doank karena bisa-bisa account kamu diblokir.
  7. Mengiklankan aplikasi di wall orang.
    Jangan seenaknya mengirim aplikasi iklan kepada wall orang lain. Jika orang itu merasa terganggu lalu melapor ke pihak facebook bisa-bisa membuat masalah pada account anda.
  8. Membuat pesan yang sama persis dan dikirim ke banyak orang.
    Membajak tulisan orang lain. Siapa sih yang ga suka tinggal copas (copy paste). Lebih baik hindari ini.
  9. Kamu adalah seekor anjing, kucing, perpustakaan atau bangunan.
    Jangan sekali-kali membuat account kamu menjadi seekor anjing, kucing atau malahan bangunan. Ini bisa di anggap spam oleh facebook.
  10. Di bawah umur 18 tahun.
    Perlu dicatat, situs ini hanya untuk 18 tahun ke atas. Untuk yang di bawah ini berhati-hatilah, account anda bisa saja di blokir.
  11. Kamu menulis konten yang bersifat offensif.
    Kamu mungkin memiliki pendapat berbeda dengan orang lain atau mungkin ga suka dengan orang lain. Tapi jangan sekali-sekali mengungkapkan itu melalui ruang publik secara kasar karena kamu bisa langsung diblokir. Dan jangan pula memuat foto-foto syur di sana. Rasanya ini aturan umum yang ada kalau mau bergaul secara online alias netiquette
  12. Mengoleksi informasi dari dan dengan menggunakan Facebook melalui script.
    Lebih baik menghindari poin ini, karena jika bermasalah bukan cuma account anda yang di blokir tetapi IP anda juga terblokir.
Dan tentunya masih banyak lagi alasan account anda di blokir, sedikit saran bijak-bijaklah dalam menggunakan facebook jika account anda tidak ingin di blokir. Tapi bisa juga account anda diblokir tanpa alasan, maklum saja yang mengelola manusia. Jika account anda di blokir tanpa ada alasan pasti silahkan kirim emel ke alamat ini disabled@facebook.com atau appeals@facebook.com atau info@facebook.com

Akhir kata, janganlah cari gara-gara dan jangan gunakan lah fasilitas ini sembarangan.Selamat facebookan!!

Share

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Site Info & Badges